Erick Thohir Ajak Pengusaha Tidak Hanya Bertahan Di Masa Pandemi Covid

  • May 10, 2020

Digitalisasi UMKM di masa pandemi beralihnya cara kerja pelaku UMKM dengan menggunakan jaringan internet melalui media sosial. Digitalisasi dengan UMKM saling berhubungan karena UMKM melakukan cara kerja melalui media sosial dengan teknologi. Berbagai alasan pembeli antara lain untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat agar terhindar dari penularan Covid-19. Alasan lainnya adalah pemilik outlet memberikan pelayanan yang memuaskan, harga produknya tetap sama sebelum pandemi, tempatnya bersih, aksesnya mudah dijangkau, dan selalu mempraktikkan protokol kesehatan. Hal yg perlu dilakukan sang UMKM pada masa pandemi selain menyusun taktik keuangan yaitu menyusun taktik pemasaran digital buat memudahkan UMKM pada memasarkan produk & jasa yg dimiliki secara digital. Kejadian seperti itu bisa dihindari jika perusahaan kita memiliki pengelolaan risiko yang baik.

Bertahan bisnis di masa pandemi ini

Wabah Covid-19menjadi pukulan keras bagi semua kalangan, termasuk para pengusaha. Skema ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha mendapatkan aliran kas positif untuk membiayai sewa tempat, gaji karyawan, cicilan modal usaha, asuransi, stok bahan baku, dana perbaikan dan pengeluaran lainnya. Produk yang dijual sesuai dengan kebutuhan masyarakat saatpandemi berlangsung.

Sampaikanlah tujuan tersebut kepada konsumen agar konsumen tahu bahwa bisnis peduli pada keamanan dan kesehatan konsumen. Baik pada masa normal maupun saat krisis , masyarakat tetap membutuhkan jasa layanan kesehatan dan produk kesehatan sebagai salah satu kebutuhan yang krusial untuk tetap bertahan hidup. Serupa dengan bisnis F&B, bahan pangan pokok merupakan salah satu kebutuhan primer masyarakat yang sulit untuk diabaikan dalam kondisi apapun, termasuk kondisi krisis ekonomi.

Kami harap ulasan ini dapat membantu Anda untuk melindungi bisnis Anda dari serangan virus corona. Di masa seperti ini, Anda sebagai pelaku UKM mungkin merasa sulit dan putus harapan untuk tetap menumbuhkan bisnis Anda. Namun, dengan menciptakan solusi dan membuat perencanaan operasional, penjualan, dan permodalan yang matang, Anda pasti mampu bertahan dari COVID-19 yang menyerang bisnis Anda. Tetap jaga semangat dan optimis, jadilah #UKMTangguh di tengah ancaman pandemi. Usaha olahan makanan merupakan salah satu sektor usaha yang bertahan karena masyarakat membutuhkan pasokan makan dan minum untuk bertahan hidup. Saat ini banyak makanan yang bisa bertahan lama dan praktis, misalnya makanan kemasan, makanan beku atau makanan dalam kaleng yang sudah dikemas menjadi salah satu kebutuhan yang sangat dicari oleh masyarakat.

Alasannya karena pelanggan di outletnya lebih banyak yang memilih datang berbelanja secara langsung. Terakhir, sudah saatnya untuk beranjak dari strategi pemasaran secara offline menuju on-line dengan memanfaatkan digital marketing. Gunakan platform periklanan, seperti Google dan sosial media yang mendukung bisnis Anda secara on-line. Bagi Java Group yang memiliki usaha retail berbagai jenis makanan, mulai dari bebek penyet, ayam geprek, hingga fried hen lokal, data-data di atas hanya berarti satu hal.

Apa itu strategi identifikasi pesaing dan bagaimana langkah-langkah dalam melakukan identifikasi pesaing akan kita bahas di artikel kali ini ya. Dengan meluasnya layanan yang dihadirkan asuransi seperti ini, tentu diharapkan sobat UKM sekalian tidak ragu lagi dan lebih memahami manfaat dari mengasuransikan aset, bangunan, produk, dan pekerja kita. Asuransi Kendaraan Bermotor, yang bisa menanggung kerusakan akibat benturan, tabrakan, gesekan, bahkan sampai dengan menangani tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang terlibat kecelakaan .

Namun bila diminta dari definisi dan perspektif yang berbeda, UMKM memiliki arti yang jauh lebih luas. Bagi pelaku ekonomi, UMKM adalah perusahaan atau perusahaan yang dijalankan oleh masyarakat dan perumahan. UMKM merupakan singkatan dari usaha mikro kecil dan menengah, kini menjadi bisnis yang yang banyak diminati dalam pergerakan roda ekonomi berskala mikro maupun makro. Yang memiliki dampak yang sangat masif untuk negara dan pula keuntungan yang dihasilkan sangatlah menggairahkan. Karena merupakan momentum penting, Anda perlu mempersiapkan modal yang cukup agar stok tetap terjaga. Ingat, selain modal untuk menambah stok, Anda perlu membayarkan THR karyawan.

Seperti memberikan bonus berupa masker dan hand sanitizer yang sudah Anda kemas sesuai dengan packing brand. Ataupun konsumen mendapatkan promo menarik jika melakukan pemesanan secara on-line. Meski ekonomi sedang sulit, termasuk keuangan perusahaan, bukan berarti malah menghilangkan program promo. Justru ini saat yang tepat untuk menarik konsumen dan mendongkrak penjualan. Adakan promo menarik, seperti cashback, diskon, harga spesial, hadiah voucher belanja, atau lainnya.

Cahya juga menekankan tentang fokus bisnis karena banyak pelaku bisnis lebih senang berganti-ganti usaha sebelum usahanya itu settle. Padahal sering berganti-ganti usaha akan menyebabkan begin up bisnis atau UMKM ini tidak bisa berkembang karena keinginan yang K4D bet Kecil JP besar begitu menggebu-gebu dan bisnis utamanya justru gagal. Maksimalkan semua layanan daring dan jangan lupa buat aplikasi atau platform yang mudah diakses oleh konsumen. Sebagai alternatif, bergabunglah ke berbagai e-commerce untuk memperluas lapak dagangan di dunia maya.

Forbes juga menilai berdasarkan data yang terukur seperti dana, penghargaan, pendapatan, nilai transaksi, besar dampaknya, jumlah pelanggan, dan pengikut di media sosial. Itulah sedikit informasi seputar bagaimana membuat bisnis di masa pandemi tetap bisa bertahan dengan penerapan inovasi terbaru. Informasi lainnya, silahkan kunjungi web site Pinjam Modal untuk informasi seputar pengajuan modal usaha online. Sebagai masyarakat yang hidup di masa kini, jangan sampai kamu gagap teknologi ya. Kamu dapat memanfaatkan banyak media sosial dan platform kekinian untuk menjadi sumber inspirasimu.

Megaman

E-mail : admin@kazu-m.net